5 Buah Ini Wajib Dihindari oleh Penderita Darah Tinggi

- 8 Maret 2024, 16:38 WIB
ilustrasi buah/5 Buah Ini Wajib Dihindari oleh Penderita Darah Tinggi
ilustrasi buah/5 Buah Ini Wajib Dihindari oleh Penderita Darah Tinggi /freepik/lifeforstock/

HARIAN BOGOR RAYA - Bagi kamu penderita darah tinggi, ada beberapa buah yang harus dihindari nih!

Darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis yang serius yang dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Selain pengobatan yang diresepkan oleh dokter, perubahan gaya hidup seperti diet sehat juga penting untuk mengelola darah tinggi. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam diet adalah konsumsi buah-buahan.

Meskipun buah-buahan secara umum dianggap sehat, ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita darah tinggi.

Berikut adalah lima buah yang harus dihindari oleh penderita darah tinggi:

Baca Juga: Selain Harganya Murah, Manfaat Buah Dukuh Sangat Baik Untuk Kesehatan Salah satunya Mencegah Kerusakan Sel

1. Buah pisang
Pisang adalah buah yang kaya kalium dan serat, namun juga mengandung gula yang tinggi. Konsumsi pisang dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan tekanan darah. Sebagai gantinya, penderita hipertensi dapat memilih buah-buahan lain yang mengandung kalium lebih rendah seperti apel, pir, atau jeruk.

2. Kelapa
Buah kelapa dan produk turunannya seperti santan atau minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk darah tinggi.

3. Buah anggur
Buah anggur memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan tekanan darah. Penderita hipertensi sebaiknya menghindari konsumsi anggur dalam jumlah besar atau menggantinya dengan buah-buahan lain seperti buah kiwi, stroberi, atau blueberry.

Baca Juga: Deretan Manfaat Konsumsi Buah Tomat Setiap Hari

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x