Ada 8 Manfaat Kurma yang Harus Diketahui

- 10 Maret 2024, 11:03 WIB
10 jenis kurma yang cukup populer di Kota Bandung, lihat manfaatnya untuk kesehata
10 jenis kurma yang cukup populer di Kota Bandung, lihat manfaatnya untuk kesehata /Isil/Pexels

HARIAN BOGOR RAYA - Kurma merupakan tanaman palma dalam jenis Phoenix yang sering kali menjadi hidangan wajib sebagian orang dibulan puasa, sebagai takjil jetuka berbuka, atau saat sahur.  Bukan tanpa alasan jika kurma sering kali menjadi hidangan wajib di bulan puasa, alasannya yakni kurma dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori harian agar tubuh tetap dalam kondisi prima selama menjalani puasa.

Hal ini dikarenakan kurma memiliki kadar kalori yang tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya karena mengandung banyak gula alami dan sering kali dikeringkan.

Kandungan yang ada dalam kurma juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, misalnya memenuhi asupan gizi, untuk Menangkal Radikal Bebas, Menjaga Kesehatan Jantung, Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan, Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata, membantu memenuhi asupan gizi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Unik Buah Kurma! No 5 Jarang Dimakan Semut

Didalam 100 gram Kurma, terterkandung sekitar 280 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti karbohidrat, Vitamin, protein, kalsium, kalium, zat besi, gula, zinc, dan serat. Karna itu Kurma  bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. 

Bahkan, buah kurma juga diketahui memiliki kandungan asam folat, vitamin k, vitamin B, dan berbagai jenis antioksidan, seperti lutein,  flavonoid, fenolik dan karoten, fenolik.

Pada artikel ini, diterangkan beberapa manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh.

1.Dapat Memenuhi Asupan Gizi

Kurma mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, B kompleks, C, E, dan K serta zat besi, kalium dan kalsium, yang bisa membantu memenuhi asupan gizi harian, yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: Lima Jenis Kurma Rekomendasi Menu Buka Puasa Yang Dianjurkan

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x