Simak! Ini 10 Tips Persiapan Mudik Lebaran Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

- 3 April 2024, 14:04 WIB
ilustrasi mudik lebaran
ilustrasi mudik lebaran /Pexels/

HARIAN BOGOR RAYA-  Setelah 30 hari menjalankan ibadah puasa Ramadan, sebagian umat Muslim akan mudik atau pulang kampung untuk berjumpa sanak saudara, yangmana itu merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap menjelang lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Dalam melakukan mudik, pastinya banyak sekali yang mesti diperhatikan. Karena di momen ini sering dimanfaatkan orang-orang untuk berbuat jahat dalam melakukan aksi perampokan dan pencopetan kepada para pemudik. Seperti suasana terminal bandara atau stasiun yang penuh sesak menjelang hari H memudahkan para kriminal untuk melancarkan aksinya.

Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) menginformasikan jumlah pemudik Lebaran atau Hari Raya Idulfitri 2024 diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah, sehingga sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan mudik tahun ini, nilai tersebut setara dengan 71,7 persen rakyat Indonesia.

Baca Juga: Langkah Operator-operator Seluler Tambah Infrastruktur Pendukung Pada Masa Mudik dan Lebaran

Tips persiapan untuk persiapan mudik lebaran 2024 aman dan nyaman ini tentunya harus menjadi perhatian para pengendara, terutama bagi masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik yang panjang.

1. Cek Kendaraan Sebelum Perjalanan

Jika Anda berencana untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan sewaan, selalu cek kondisi kendaraan dan pastikan kuat untuk perjalanan jarak jauh. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap komponen penting seperti kondisi oli mesin, kampas rem, tekenan ban, air radiator, dongkrak, kunci pas, serta onderdil cadangan yang sudah sudah masuk dibagasi sebelum berangkat.

Hal tersebut penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan di jalan selama perjalanan mudik lebaran. Selain itu, jangan letakkan Smartphone, uang, maupun barang berharga apapun di dasbor mobil karena itu bisa memancing kejahatan.

Baca Juga: Pantauan Mudik dari Arah Bogor Menuju Sukabumi Mulai Ramai Dipadati Kendaraan

Halaman:

Editor: Herawati Nurlia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x