Pohon Nyamplung Tanaman di Pesisir Ini Jarang Yang Tahu Manfaatnya

- 14 Juni 2024, 19:28 WIB
Daun dan buah Nyamplung/Antara.
Daun dan buah Nyamplung/Antara. /


HARIAN BOGOR RAYA-Salah satu tanaman yang hidup di pesisir selain bakau adalah pohon nyamplung, tanaman ini memilik nama ilmiah Calopphyllun inophylluma.

Tanaman ini juga tersebar dibeberapa negara seperti, Afrika Timur, Madanggaskar, Srikangka, Burma, Thailan, Malaysia, Asustralia dan Indonesia.

Buahnya yang bulat telur dengan tekstur daun berbentuk bulat, panjang 5 sampai 30 cm dan dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 25 meter lebih.

Baca Juga: Tanaman Langka Kokoleceran, Identitas Flora Banten Yang Hampir Punah

Pohon ini jarang yang tahu manfaatnya, namun menurut Ir Lukman Ami  MP pemilil Harmoni Herbal di Yogyakarta mengatakan pohon ini banyak manfaatnya.

Diantaranya adalah kayunya yang terkenal keras  dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuat perahu dan tiang kapal, selain untuk mencegah abrasi dan menahan angin tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan herbal.

Beberapa diantaranya mulai dari biji, daun, kulit, kayu dan getahnya sangat bermanfaat untuk Kesehatan.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Hasil Riset Soal Daun Jamblang dan Obat Anticovid

Kata Lukman, daunnya yang mengandung senyawa costatolide-a, saponin, dan acid hydrocyanic berkhasiat untuk menyembuhkan encok, dan luka bakar.

Hal serupa juga dilakukan negara lain, seperti masyarakat Kamboja memanfaatkan daun ini sebagai alternatif pengobatan.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah