Beberapa Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kadar Trombosit

- 29 Juni 2024, 18:28 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA- Mendengar kata trombosit Anda akan teringat tentang DBD, dan segera teringat tentang buah jambu biji berwarna merah.

Pada umumnya trombosit  bereaksi  jika pembuluh darah rusak atau terjadi luka dan pembmuh darah tersebut akan bergerak ke arah lokasi luka yang akan membentuk sumbatan awal sehingga luka mengkerut.

Menurut keterangan situs kesehatan kadar trombosit orang dewasa pada saat keadan normal berkisar 150 ribu hibgga 459 ribu trombosit per mikroliter darah jika kadarnya rendah menandakan adanya masalah kesehatan.

Baca Juga: Dokter Ungkap Kematian Pada Anak-anak Akibat DBD

Yang mengakibatkan rendahnya kadar trombosit adalah efek mengkonsumsi obat-obatan tertentu penyababnya yaitu kekurangan zat besi, demam berdarah, gejala leukimia, asam folat, dan infeksi sepsis.

Selain dengan pengobatan medis beberapa makanan yang dapat menambah trombosit diantaranya seperti dilansir dari situs kesehatan melalui RRI yaitu :

-Jambu Biji
Jambu biji baik untuk mengobati demam berdarah. Mengonsumsi jambu biji secara langsung atau dijus tiap hari dapat meningkatkan trombosit. 

-Bayam
Bayam merupakan sumber utama Vitamin K. Vitamin ini dapat membantu menghentikan pendarahan. 
Rebus bayam dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Minum airnya setiap hari hingga hasil pemeriksaan darah menyatakan trombosit normal.

-Kacang-kacangan
Berbagai jenis kacang seperti almon, kacang tanah, walnut, dan pistachio adalah sumber vitamin D, K, dan fibrinogen. Kacang-kacangan mampu membantu penyerapan kalsium, sehingga kadar trombosit akan meningkat. 
Namun, agar berdampak positif bagi kesehatan, cara mengolah kacang tidak bisa sembarangan. Kacang-kacangan lebih berguna jika dikonsumsi secara langsung atau direbus.

Baca Juga: Waspada Deman Berdarah, Lebih Dari Seribu Kasus DBD Terjadi di Jakarta Barat

Nah itulah beberapa makanan yang dapat menambah kadar trombosit yang perlu kita konsumsi.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah