Apa itu G30S PKI dan Rangkuman Sejarahnya

- 29 September 2023, 08:27 WIB
Ilustrasi Peristiwa G30S PKI yang terjadi pada tahun 1965, latar belakang, tujuam dan dampaknya./Tangkapan layar/YouTube Delta Buana
Ilustrasi Peristiwa G30S PKI yang terjadi pada tahun 1965, latar belakang, tujuam dan dampaknya./Tangkapan layar/YouTube Delta Buana /

 

HARIAN BOGOR RAYA - G30S PKI adalah salah satu sejarah hitam bangsa Indonesia, saat dimana konflik di tahun 1965 terjadi pembunuhan beberapa Jenderal.

Peristiwa G30S menggores perjalanan sejarah Indonesia, termasuk transisi dari yang dikenal Orde Lama dibawah kepemimpinan Presiden Soekarno ke pemerintahan Orde Baru yang dipimpin oleh Jenderal Suharto, yang berkuasa hingga tahun 1998.

Peristiwa G30S, atau yang juga dikenal sebagai Gerakan 30 September, adalah peristiwa bersejarah yang terjadi di Indonesia pada tanggal 30 September 1965.

Baca Juga: Catatan Sejarah Daftar Nama dan Profile 7 Korban Peristiwa G30S/PKI

Peristiwa ini melibatkan kudeta militer yang berujung pada penggulingan Presiden pertama Indonesia, Sukarno, dan mengangkat Jenderal Suharto sebagai pemimpin de facto baru.

Berikut adalah rangkuman singkat peristiwa G30S PKI dan pelajaran yang dapat dipetik darinya:

Peristiwa ini dimulai ketika sejumlah anggota militer Indonesia yang tergabung dalam gerakan yang dikenal sebagai "Gerakan 30 September" menculik beberapa jenderal senior, termasuk Jenderal Ahmad Yani, yang merupakan Kepala Staf Angkatan Darat saat itu.

Baca Juga: Karakteristik Soekarno Menjadi Sosok yang Dikagumi Wanita, Simak Beberapa Alasannya

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x