Tips Mengkonsumsi Buah Disaat Anda Demam, Pilihlah Sesuai Anjuran

- 19 Oktober 2023, 07:25 WIB
Ilustrasi Pexels
Ilustrasi Pexels /


HARIAN BOGOR RAYA - Cuaca panas akhir -akhir ini membuat daya tahan tubuh kita rentan menurun untuk itu dianjurkan banyak mengkonsumsi makanan yang seimbang dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu diperlukan juga mengkonsumsi buah-buahan, selain memberikan rasa segar, mengkonsumsi buah-buahan sangat bermanfaat untuk kesehatan terlebih disaat cuaca panas.

Beberapa buah yang dapat Anda konsumsi membantu daya tahan tubuh Anda saat cuaca panas adalah :

Baca Juga: Sederet Manfaat 3 Buah Ini Wajib Tahu Jika Anda Meminum Jus Buah Tersebut

1- Semangka
Semangka merupakan buah yang banyak mengandung cairan, 92 persen komposisi buah ini terdiri atas air. Selain dapat membantu  menambah asupan cairan tubuh yang penting saat demam, buah ini juga banyak mengandung antioksidan likopen. Antioksidan dapat bermanfaat untuk membantu melawan kuman biang penyakit, mengurangi peradangan, dan mencegah infeksi.

2- Kelapa
Air kelapa dapat membantu menurunkan demam, saat demam tubuh membutuhkan lebih banyak cairan, seperti dikutip dari LiveStrong, cairan sangat penting membantu menormalkan suhu tubuh, menghambat infeksi, dan mengangkut nutrisi penting ke seluruh sel.

Dengan meminum air kelapa dapat membantu mengisi kembali cairan dan elektrolit penting yang keluar dari tubuh lewat keringat atau buang air. Berbeda dari air putih, air kelapa diperkaya dengan potasium yang dibutuhkan tubuh dan saraf untuk mengatur detak jantung, dianjurkan meminum air kelapa murni tanpa tambahan pemanis.


3- Pisang
Pisang sangat baik menurunkan  demam karena relatif nyaman dicerna, meskipun  buah ini tidak mengandung air seperti buah lainnya namun pisang  diperkaya dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengatasi badan lemas, meredakan stres, sampai menjaga tulang agar tetap kuat.

4-Jeruk
Menurut ahli kesehatan mengkonsumsi buah yang kaya vitamin C seperti jeruk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain banyak mengandung vitamin C, jeruk juga banyak mengandung cairan yang baik sebagai pereda demam.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Disarankan pilih jeruk yang manis dan tidak terlalu asam agar perut tidak sakit, buah pengganti jeruk  juga sangat baik seperti kiwi dan strawberry.

5- Pepaya
Buah pepaya mengandung banyak vitamin walaupun buah pepaya bukan salah satu rekomendasi penurun panas tetapi buah ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Nah itulah beberapa buah untuk membantu menurunkan panas saat tubuh Anda mengalami demam, mengkonsumsi buah tidak mengandung efek bagi kesehatan namun pilihlah buah yang bermanfaat disaat Anda sedang demam sesuai anjuran.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x