Pemakaian Emoji Semangka Hiasi Media Sosial, Buntut Konflik Israel Palestina

- 3 November 2023, 13:44 WIB
ilustrasi Semangka di Palestina
ilustrasi Semangka di Palestina /Marawatalk/ist/

HARIAN BOGOR RAYA - Pemakaian emoji buah semangka menjadi bentuk protes yang masih berlanjut hingga saat ini sejak beberapa hari terakhir. Emoji semangka ramai menghiasi lini media sosial dunia, termasuk di Indonesia.

Buah semangka sendiri terdiri dari empat warna, yaitu merah, hijau, putih, dan hitam. Buah semangka menjadi ikon gambaran dukungan bagi Palestina agar bisa terlepas dari konflik dengan Israel.

Buah semangka sendiri ternyata memiliki sejarah yang mendalam dan sejak setengah abad yang lalu. 

Baca Juga: Jusuf Kalla Tinjau Bantuan PMI untuk Palestina, Ungkap Rencana Penyaluran

Laporan Aljazeera pada 23 Agustus 2023, menceritakan gerakan unik dari organisasi perdamaian Arab-Israel bernama Zazim.bZazim sengaja mengibarkan bendera yang memiliki bentuk semangka pada selusin layanan taksi di Tel Aviv. Pengibaran bendera bentuk semangka itu dilakukan sebagai bentuk dukungan, sekaligus protes atas keputusan Israel yang melarang bendera Palestina di daerah publik muncul lagi.

Sementara, kondisi konflik yang memanas di Oktober 2023 membuat ikon semangka menggema lagi mengisi berbagi ruang. Termasuk ruang digital sebagai bentuk protes guna menghentikan serangan yang dilakukan Israel dan banyak memakan masyarakat sipil di Palestina.

Berdasarkan data yang dihimpun United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA) selama periode 7 Oktober-1 November 2023, lebih dari 8.900 warga Palestina tewas akibat perang antara Israel dan kelompok perjuangan Hamas.

Baca Juga: Mengapa Semangka Bisa Digunakan oleh Warganet Sebagai Simbol Solidaritas Untuk Palestina

Korban Palestina paling banyak berada di Jalur Gaza, yaitu korban jiwa 8.805 orang dan korban luka 22.240 orang. Dan di wilayah Tepi Barat korban jiwanya 128 orang dan korban luka 2.274 orang.

Halaman:

Editor: Maryam Purwoningrum

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah