Mengungkap 5 Fakta Unik Beruang Kutub, Nomor 3 Terancam Habitat!

- 4 Desember 2023, 21:13 WIB
Mengungkap 5 Fakta Unik Beruang Kutub
Mengungkap 5 Fakta Unik Beruang Kutub /adybert/Pixabay

HARIAN BOGOR RAYA - Beruang Kutub (Ursus maritimus) adalah makhluk yang memukau dan memikat banyak orang dengan pesona mereka yang besar dan putih.

Beruang kutub memiliki bulu putih dengan berat melebihi manusia, sekitar 400 hingga 800 kilogram dengan tinggi tubuhnya sekitar 2,5 meter.

Berikut adalah lima fakta unik yang mungkin belum Anda ketahui tentang beruang kutub:

1. Adaptasi Terhadap Lingkungan Kutub
Beruang kutub adalah salah satu hewan yang paling baik beradaptasi dengan lingkungan Arktik yang keras. Bulu putih mereka bukan hanya memberikan penampilan yang mengesankan, tetapi juga memiliki fungsi khusus. Bulu ini tidak hanya melindungi beruang kutub dari suhu ekstrem di kutub, tetapi juga menyebarkan cahaya sehingga memberikan ilusi beruang kutub menyatu dengan salju dan es, membantu mereka dalam berburu mangsa.

Baca Juga: Ini 7 Fakta Unik Ular Piton, Bisa Hidup lebih dari 40 Tahun

2. Mamalia Terbesar dalam Keluarga Ursidae
Beruang kutub termasuk dalam jenis circumpolar yang terdapat di benua Artik. Beruang kutub juga dapat dikategorikan sebagai mamalia laut dan termasuk dalam spesies terbesar keluarga Ursidae.

3. Habitat Terancam
Beruang kutub merupakan spesies yang terancam oleh perubahan iklim. Perubahan suhu global menyebabkan mencairnya es laut, habitat alami beruang kutub, yang membuat mereka kesulitan dalam mencari makanan. Ketergantungan beruang kutub pada es laut untuk berburu anjing laut membuat mereka sangat rentan terhadap perubahan iklim dan hilangnya es laut.

4. Memiliki Kaki dan Telapak yang Kuat
Beruang kutub menggunakan mampu berlari serta sejauh mungkin karena kaki dan telapaknya sangat kuat.

Baca Juga: Fakta Unik Gunung Lawu, Memiliki Warung Tertinggi di Indonesia

5. Perenang dan Pemburu Ulung
Beruang kutub adalah perenang ulung dan pemburu yang tangguh. Mereka bisa berenang selama ratusan kilometer tanpa berhenti, mencari makanan seperti anjing laut, ikan, dan tetua beluga. Mata mereka dirancang untuk melihat mangsa di bawah air, dan mereka dapat menyelam hingga kedalaman 15 kaki untuk mencari mangsa. Keahlian berenang dan berburu mereka membuat mereka menjadi salah satu predator paling efisien di lingkungan Arktik.

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x