Penting ! Hal Yang Perlu Diwaspadai Makanan Cepat Saji Bagi Ibu Hamil

- 10 Februari 2024, 15:45 WIB
Ilustrasi kehamilan/Pixabay
Ilustrasi kehamilan/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Apa saja makanan yang perlu diperhatikan pada ibu hamil, penting untuk menjaga kesehatan pada ibu hamil terutama pola makan.

Menurut penelitian mengungkapkan makanan sepat saji pada ibu hamil perlu hati-hati dan diwaspadai untuk kesehatan salah satunya adalah burger keju atau kue kemasan lain.

Kata penelitian pembungkus makanan tersebut memiliki senyawa ftalat sejenis bahan kimia yang terkait dy plastik.

Baca Juga: Pentingnya Wanita Hamil Makan Beragam Buah Hingga Kalium

Dikutip laman Hindustan Times, bahan tersebut dapat masuk ke aliran darah melalui plasenta lalu masuk ke aliran darah janin yang menyebabkan stres oksidatif dan peradangan pada janin.

Sebelumnya sebuah literatur menunjukkan paparan ftalat selama kehamilan dapat meningkatkan risiko berat badan lahir rendah, kelahiran prematur dan gangguan kesehatan mental anak seperti autisme dan ADHD.

"Ketika ibu terpapar bahan kimia ini, bahan kimia ini dapat melewati plasenta dan masuk ke sirkulasi janin,” kata penulis senior Dr. Sheela Sathyanarayana, dokter anak UW Medicine dan peneliti di Seattle Children’s Research Institute, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Obat Herbal Mengatasi Mual Saat Hamil: Campuran Kayu Secang, Pandan, Jahe, dan Madu

Hal lainnya terkait makanan cepat saji sarung tangan yang dikenakan oleh karyawan dan peralatan atau peralatan penyimpanan, persiapan, penyajian mungkin menjadi sumber utama paparan.

Sementara itu  penulis utama Brennan Baker, mengungkapkan seorang peneliti pascadoktoral di laboratorium Sathyanarayana mengatakan bahwa wanita hamil harus menghindari makanan ultraproses sebisa mungkin, dan mencari buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak.

“Carilah jumlah bahan yang lebih rendah dan pastikan Anda dapat memahami bahan-bahannya,” jelasnya

Dan juga berlaku bahkan untuk "makanan sehat" seperti satu bar wafer untuk sarapan. Lihat apakah itu dimaniskan dengan kurma atau mengandung banyak lemak dan gula di dalamnya, tambahnya.***



Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x