Sayangi Hati Anda, Ini Kata Ahli Kesehatan Kebiasaan Begadang Menyebabkan Sejumlah Risiko Kanker Hati

- 26 Februari 2024, 21:49 WIB
Ilustrasi/Pexel
Ilustrasi/Pexel /


HARIAN BOGOR RAYA - Kebiasaan begadang sangat berdampak pada penurunan kesehatan bahkan menurut dokter Reisa Broto Asmoro yang juga pemerhati kesehatan kebiasaan begadang dapat menyebabkan risiko kerusakan hati.

'Tidur adalah basic manusia, paling tidak tujuh sampai delapan jam sehari pada malam hari. Kalau badan dipaksa berubah jam tidurnya menjadi bangun, maka dapat mengganggu fungsi metabolisme tubuh," ujarnya dilansir Harian Bogor Raya dari Antara.

Baca Juga: Efek Begadang Selain Menurunkan Imunitas Juga Sulit Konsentrasi

Dikatakan bahwa kebiasaan begadang dapat menggangu fungsi organ tubuh, karena beberapa organ tubuh seperti hati perlu diberikan istirahat pada malam agar berfungsi sebagaimana mestinya.

Karena bagaimana pun, tidur itu untuk kita recharge lagi, kalau fungsi tubuh mau optimal, ya, tidurnya harus cukup," jelas Raisa.

Tambahnya ia menjelaskan sejumlah penelitian membuktikan bahwa kebiasaan begadang dapat menimbulkan risiko kerusakan hati. Salah satunya adalah hati yang tidak mampu lagi menyaring racun atau detoksifikasi pada tubuh.

Baca Juga: Hal Penting Soal Pemeriksaan Gejala Kanker Prostat

Risiko racun yang menumpuk dapat menyebabkan sejumlah kerusakan hati, seperti hepatitis, sirosis hati, perlemakan hati hingga kanker hati.

"Maka harus tidur yang cukup di malam hari, paling tidak dalam satu siklus tidur tubuh kita masuk fase deep sleep (tidur nyenyak) sebanyak dua sampai tiga kali," tutupnya.***



sumber : Antara

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x