5 Minuman Sehat yang Menyegarkan saat Cuaca Panas

- 13 Juni 2023, 14:32 WIB
Buah kelapa/Pexel.
Buah kelapa/Pexel. /

HARIAN BOGOR RAYA - Saat cuaca panas, penting untuk menjaga diri tetap terhidrasi dan menyegarkan tubuh. Salah satu cara yang efektif untuk melakukannya adalah dengan memilih minuman yang sehat dan menyegarkan. Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan lima minuman sehat yang dapat membantu menjaga hidrasi dan memberikan kesegaran saat cuaca panas. Simaklah beberapa minuman segar yang bisa Anda nikmati saat suhu meningkat.

1. Air Kelapa:
Air kelapa adalah minuman alami yang kaya akan elektrolit, seperti kalium dan magnesium, yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, air kelapa juga rendah kalori dan rendah gula alami. Minum air kelapa segar dapat membantu menghidrasi tubuh secara efektif dan memberikan rasa kesegaran alami.

2. Infused Water:
Infused water atau air infus adalah minuman yang terbuat dari air yang diberi tambahan potongan buah, sayuran, dan rempah-rempah. Anda dapat mencoba variasi seperti air lemon mint, air mentimun dan jeruk, atau air strawberry dan basil. Infused water tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memberikan rasa alami tanpa tambahan gula dan dapat membantu meningkatkan asupan nutrisi dari buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga: Lima Buah Ini Sangat Baik Untuk Kesehatan Jantung, Salah Satunya Adalah Buah Pisang

3. Teh Hijau Dingin:
Teh hijau dingin adalah minuman yang menyegarkan dan kaya akan antioksidan. Teh hijau mengandung senyawa bernama katekin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Anda dapat menambahkan sedikit madu atau lemon untuk memberikan rasa tambahan pada teh hijau dingin Anda.

4. Smoothie Buah Segar:
Smoothie buah segar adalah cara yang lezat dan sehat untuk memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi saat cuaca panas. Anda dapat mencampurkan berbagai jenis buah, seperti pisang, mangga, blueberry, atau stroberi dengan susu rendah lemak atau yogurt rendah lemak. Tambahkan es batu untuk memberikan sensasi dingin yang menyegarkan.

BuahBaca Juga: Menurut Penelitian, Manfaat Buah Apel Dapat Mencegah Kelemahan Pada Usia Lanjut

5. Jus Semangka:
Semangka adalah buah yang sangat menyegarkan dan mengandung banyak air. Meminum jus semangka dapat membantu menjaga hidrasi dan memberikan elektrolit penting seperti kalium. Selain itu, semangka juga mengandung likopen, sejenis antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x