5 Fakta Unik Kerang, Hewan Tidak Punya Otak

- 23 September 2023, 15:18 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA-Kerang adalah salah satu jenis makanan laut yang populer di seluruh dunia, sering digunakan dalam berbagai hidangan seperti sup, pasta, dan hidangan laut lainnya. Namun, selain sebagai makanan, kerang juga memiliki sisi-sisi menarik yang mungkin belum banyak orang ketahui. Berikut lima fakta unik kerang yang jarang diketahui orang:

1. Kerang tidak punya otak
Kerang ini adalah hewan yang tidak punya otak karena tidak memiliki kepala. Cuma simping yang memiliki mata. Kerang hanya memiliki jantung, ginjal, mulut, serta anus.
Namun meski tidak memiliki otak, bukan berarti kerang tidak dapat menjalani kehidupannya dengan baik. Kerang akan mengkoordinasi seluruh tubuhnnya menggunakan sistem syaraf yang dimiliki.

Baca Juga: Deretan Manfaat Ikan Salmon Mentah Atau Sashimi untuk Kesehatan

2. Umur yang Sangat Panjang
Kerang memiliki usia yang sangat panjang. Beberapa spesies kerang dapat hidup selama puluhan tahun, bahkan ratusan tahun. Rekor umur kerang tercatat adalah kerang Arctica Islandica yang ditemukan di lepas pantai Islandia, yang diperkirakan telah hidup selama lebih dari 500 tahun! Kehadiran kerang yang begitu lama ini memberikan wawasan berharga tentang perubahan iklim dan kondisi laut selama berabad-abad.

3. Bisa berubah kelamin
Saat muda, semua kerang adalah jantan. Aneh ya? Tetapi memang begitu. Beberapa kerang berubah menjadi betina seiring pertumbuhannya menjad dewasa. Dapat berganti kelaminMenurut hasil penelitian dari National Oceanography Centre Inggris di tahun 2012 menyebutkan bahwa kerang Antartika yang sudah menetas akan selalu berkelamin jantan. Namun saat mereka menginjak usia dewasa mereka akan berubah kelamin menjadi betina untuk melakukan reproduksi. Pergantian kelamin ini merupakan salah satu hal umum yang dimiliki oleh hewan-hewan hermaprodit atau hewan berkelamin ganda.

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan Tubuh: Menggali Potensi Sumber Gizi Laut yang Kaya Nutrisi

4. Terlihat diam namun bergerak
Kerang sering dianggap sebagai salah satu hewan pemalas yang senang berdiam diri di dasar laut namun sebenarnya mereka dapat bergerak loh. Mereka bergerak menggunakan semacam kaki yang disebut dengan byssus dengan bentuk menyerupai lidah yang pipih. Byssus pada kerang mempunyai fungsi untuk membantu tubuhnya bergerak dengan cara yang unik, yaitu mendorong pasir disekitarnya.

5. Cangkang kerang jadi Hiasan
Bagian cangkang kerang bisa digunakan untuk membuat hiasan. Cangkang kerang bisa dimanfaatkan untuk membuat hiasan dinding, gantungan kunci, hiasan meja, dan seterusnya. Selain mengurangi limbah, pemanfaatan cangkang juga bisa menambah nilai suatu barang. Dari cangkang kerang ini, bisa diciptakan hiasan-hiasan yang indah.

Itulah fakta-fakta di atas hanya sebagian kecil dari keunikan yang dimiliki oleh kerang, dan mereka terus memberikan kontribusi penting dalam ekosistem laut dan kehidupan manusia. Jadi, fakta unik mana yang baru kamu tahu?***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x