Sejarah Singkat Hari Ayah Nasional 12 November dan Hari Ayah Sedunia

- 12 November 2023, 09:12 WIB
Ilustrasi/Pexels
Ilustrasi/Pexels /


HARIAN BOGOR RAYA - Bukan hanya hari ibu, tapi Anda juga harus tahu hari ayah adalah bagian dari hari penting yang harus diperingati karena sosok ayah adalah panutan dan memiliki tanggung jawab terhadap keluarga.

Hari ayah yang jatuh pada tanggal 12 November merupakan momentum yang wajib Anda ketahui karena jasa ayah juga sangat penting meskipun hari ayah tidak sepopuler hari ibu setidaknya kita dapat memberikan support kepada orang tua kita atas jasa-jasanya membimbing keluarga.

Hari ayah diperingati dua kali yaitu Hari Ayah Nasional setiap tanggal 12 November dan Hari Ayah sedunia pada Minggu ke 3 di bulan Juni.

Baca Juga: 15 Peran Penting Ayah dalam Keluarga Menurut Psikologi, Salah satunya Menjadi Teman Curhat

Sejarah singkat lahirnya Hari Ayah Nasional berawal dari sebuah paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang dibentuk pada tahun 2006 dengan nama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi ( PPIP ).

Pada saat itu PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dan menyelenggarakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu yang kala itu mendapat sambutan dengan antusias oleh para peserta, dikutip dari salah satu sumber situs usai acara tersebut banyak yang menanyakan kapan diadakan acara serupa untuk ayah.

Hingga akhirnya paguyuban ini mendeklarasikan tanggal 12 November sebagai Hari Ayah Nasional yang diikuti dibeberapa wilayah seperti Maumere, Flores, dan NTT.

Tujuannya yaitu dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kehadiran ayah bagi keluarga.

Hari Ayah Sedunia

Lain halnya dengan hari ayah sedunia sejarah singkat Hari Ayah Sedunia berawal dari tradisi warga Amerika Serikat yang menghormati sosok Ayah.

Lahirnya Hari Ayah Sedunia dilatar belakangi saat seorang wanita yang bernama Sonora Smart Dodd warga Spokane yang ingin menghabiskan waktunya satu hari bersama ayahnya.

Baca Juga: Baby Blues pada Ayah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Peringatan tersebut terjadi di Washington YMCA pada tanggal 19 Juni 1910, tahun berikutnya Sonora ingin melakukan hal yang sama bertepatan dengan hari ulang tahun sang ayah pada tanggal 5 Juni dan ia memberikan gagasan membuat petisi agar hari Ayah diakui di kotanya namun baru terealisasi dan jatuh pada 19 Jun 1910.

Hari Ayah Sedunia hampir dirayakan oleh seluruh dunia dimulai pada abad ke 12 yang biasanya dirayakan dengan melakukan kegiatan keluarga dan memberikan hadiah kepada sang ayah.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x