Sederet Manfaat Daun Kelor Selain Digunakan Sebagai Sayur Memiliki 17 Kali Lipat Potasium Dari Susu

- 8 Januari 2024, 14:49 WIB
Ilustrasi daun kelor/tangkap layar YouTube
Ilustrasi daun kelor/tangkap layar YouTube /


HARIAN BOGOR RAYA - Tentu Anda sudah tahu daun kelor selain digunakan dalam segi mistis  daun kelor memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat.

Dikutip dari jurnal dengan judul Moringa Oleifera is a Prominent Source of Natruents wit Potensial Health Benefits yang terbit pada tahun 2021 bahwa kandungan vitamin C dalam daun kelor memiliki tujuh kali lipat lebih banyak dari buah jeruk.

Selain dapat digunakan sebagai sayur  manfaat yang terkandung dalam daun kelor memiliki 17 kali lipat dari susu dan sepuluh kali lipat dari wortel dan  15 kali lipat potasium dari buah pisang.

Sederet manfaat lainnya dapat dimanfaatkan sebagai kesehatan karena banyak mengandung zat penting lainnya seperti protein, vitamin B6, vitamin C, riboflavin dan zat besi. Karena zat dan nutrisi penting inilah daun kelor diyakini dapat menurunkan kolesterol.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendikia Medika dalam makalahnya berjudul " Pengaruh Pemberian Air Rebusan Daun Kelor Terhadap Kadar Kolesterol Pada Lansia " ditemukan kadar kolesterol dapat menurun jika diminum rutin oleh lansia.

Manfaat lainnya pada kandungan daun kelor diantara :

Baca Juga: Deretan Makanan Diyakini Punya Manfaat Tingkatkan Kesehatan Anda Pada Tahun 2024

1. Menjaga kesehatan prostat
Studi menyebut ada manfaat daun kelor untuk organ vital pria, yaitu untuk menjaga kesehatan prostat. Hal ini karena daun kelor mengandung belerang atau glukosinolat yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria.

Selain itu, ekstrak daun kelor juga bisa mengurangi kadar antigen spesifik prostat, protein yang diproduksi kelenjar prostat

2. Menurunkan berat badan
Hasil penelitian menyebutkan bahwa daun kelor dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan proses pemecahan lemak, sehingga bisa menurunkan berat badan.
Konsumsi daun kelor dalam bentuk ekstrak di kapsul dan dibarengi penerapan pola makan sehat mungkin bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Menurunkan kadar asam urat
Manfaat rebusan daun kelor disebut bisa menurunkan kadar asam urat. Ini karena daun kelor mengandung flavonoid, tanin, dan alkaloid.

4.Mengurangi peradangan
Daun kelor bisa mengurangi peradangan karena memiliki kandungan anti-inflamasi. Peradangan perlu dikurangi karena sistem perlindungan tubuh jadi melemah saat peradangan akibat infeksi atau cedera.

5.Mencegah diabetes
Studi menunjukkan bahwa konsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan dapat mengurangi kadar gula darah puasa rata-rata 13,5 persen.

Sementara manfaat daun kelor kering sekitar 50 gram yang dicampur ke dalam makanan dapat mengurangi gula darah sebanyak 21 persen.

Artinya, daun kelor bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang menjadi penyebab diabetes. Konsumsi daun kelor bisa mencegah diabetes.

Baca Juga: Beberapa Manfaat Kesehatan dari Sinar Matahari

6. Menurunkan tekanan darah
Anda punya tekanan darah tinggi? Cobalah mengonsumsi daun kelor. Sebab, penelitian menyebut bahwa tanaman moringa ini punya kandungan thiocarbamate, glikosida, dan nitrille yang bantu menurunkan tekanan darah

7. Obat cacingan
Daun kelor rupanya bisa menjadi obat cacing. Cara mengolah daun kelor untuk mengatasi penyakit ini, yaitu dengan merebus daun kelor bersama cabai dan meniran.

Baca Juga: Deretan Manfaat Konsumsi Buah Naga Kuning Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Khasiat ini muncul karena daun kelor punya kandungan lektin, anti-inflamasi, antimikroba, serta anthelmintik untuk melawan parasit, cacing kremi, dan cacing pita. Ini juga menjadi salah satu manfaat daun.

Nah itulah beberapa manfaat daun kelor memiliki beberapa kandungan dan sangat baik untuk kesehatan, dikutip dari beberapa sumber semoga bermanfaat.***


Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x