5 Fakta Unik Anak Pertama, Si Tukang Ngatur!

- 1 Februari 2024, 19:57 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /

HARIAN BOGOR RAYA-Sebenarnya, hingga saat ini, kaitan antara urutan kelahiran dan karakteristik seseorang masih perlu terus diteliti.

Setiap anak memiliki karakter dan kepribadian unik yang dibawa sejak lahir.

Anak pertama dalam sebuah keluarga seringkali mengemban peran yang unik dan memiliki pengalaman yang berbeda dibandingkan saudara-saudaranya. Lantas, seperti apa fakta unik kepribadian dan karakter anak pertama?

Baca Juga: Peneliti Ungkap Pentingnya Anak-anak Usia Dini Terpapar Tulisan Tangan

1) Bertanggung Jawab
Anak pertama cenderung punya sikap yang bertanggung jawab dan bahkan sering dianggap sebagai pemimpin dalam keluarga. Si sulung sering mengambil peran sebagai contoh untuk adik-adiknya.

2) Perfeksionis
Tidak seperti anak tengah atau anak bungsu, anak pertama hanya memiliki orang dewasa untuk dijadikan contoh, yaitu orang tua atau pengasuhnya. Ini membuat anak pertama terbiasa melihat hal-hal yang sempurna sejak kecil, misalnya melihat orang tuanya makan tanpa berantakan atau menyetir dengan lancar. Walau terkesan sepele, berbagai kesempurnaan tersebut secara tidak sadar akan ditiru oleh anak sulung. Inilah yang membuat anak pertama tumbuh menjadi sosok yang ambisius dan perfeksionis.

Baca Juga: Imbauan Penting Bagi Orangtua, Soal Imunisasi Bagi Anak Hingga Kelengkapan Status Vaksin

3) Pandai Mengambil Keputusan
Menurut penelitian dari jurnal Child Development, anak pertama lebih mudah menyesuaikan diri karena ia gampang dalam membuat keputusan.

4) Berjiwa pemimpin
Umumnya, anak pertama juga memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.Soalnya, sedari kecil umumnya ia sudah diberikan banyak tanggung jawab di rumah, seperti membantu pekerjaan rumah atau sekadar mengawasi adik-adiknya bermain, sehingga membuatnya terbiasa untuk memegang kendali.

Halaman:

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x