Pakar Ungkap Tidur Terlalu Lama Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Hingga Kematian

- 25 Februari 2024, 17:41 WIB
Ilustrasi/Pexel
Ilustrasi/Pexel /


HARIAN BOGOR RAYA - Istirahat yang baik adalah tidur, karena tidur dapat mengembalikan energi dan pikiran yang lelah akan pulih kembali setelah seharian melakukan aktivitas.

Namun perlu Anda ketahui tidur terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, pakar kesehatan mengungkap risiko yang terjadi  saat terlau lama tidur beberapa penyakit akan rentan menyerang bahkan hingga kematian.

Beberapa penyakit yang mengakibatkan terjadi jika Anda terlalu lama tidur, berikut  penjelasan seperti dikutip dari PMJ.

Baca Juga: Penting, Hubungan Minuman Energi dan Kualitas Tidur


Sakit Kepala
Bagi sebagian orang yang rentan sakit kepala, tidur lebih lama dari biasanya di akhir pekan atau liburan bisa menyebabkan sakit kepala.

Para peneliti percaya hal ini disebabkan oleh efek tidur berlebihan terhadap neurotransmiter tertentu di otak, termasuk serotonin. Orang yang terlalu banyak tidur di siang hari dan mengganggu tidur malamnya juga mungkin akan menderita sakit kepala di pagi hari.

Depresi
Insomnia lebih sering dikaitkan dengan depresi dibandingkan tidur berlebihan. Namun, sebenarnya sekitar 15% penderita depresi tidur terlalu banyak.
Hal ini menandakan terlalu banyak tidur sebenarnya juga dapat memperburuk depresi mereka. Maka dari itu, dibanding terlalu banyak tidur, lebih baik atur waktu untuk tidur teratur.

Diabetes
Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur terlalu lama atau tidak cukup setiap malam dapat meningkatkan risiko diabetes.

Penyakit Jantung
Studi Kesehatan Perawat melibatkan hampir 72.000 wanita menunjukkan bahwa wanita yang tidur sembilan hingga 11 jam per malam memiliki kemungkinan 38% lebih besar terkena penyakit jantung koroner dibandingkan wanita yang tidur delapan jam.
Para peneliti belum mengidentifikasi alasan hubungan antara tidur berlebihan dan penyakit jantung. 

Baca Juga: Hal Penting Soal Minum Kopi dan Aktivitas Tidur

Resiko Kematian
Berbagai penelitian menemukan bahwa orang yang tidur sembilan jam atau lebih setiap malam memiliki tingkat kematian yang jauh lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur tujuh hingga delapan jam semalam.

Tidak ada alasan khusus untuk korelasi ini. Namun, peneliti menemukan bahwa depresi dan status sosial ekonomi rendah juga berhubungan dengan tidur yang lebih lama. Mereka berspekulasi bahwa faktor-faktor ini mungkin terkait dengan peningkatan angka kematian.

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x