Jaga Kondisi Tubuh Anda Saat Pergantian Musim, Berikut Beberapa Tip Untuk Menjaga Kesehatan Anda

- 3 Maret 2023, 08:07 WIB
wanita joging/stocksnap/fixabay
wanita joging/stocksnap/fixabay /

HARIAN BOGOR RAYA - Musim penghujan masih terjadi di beberapa lokasi wilayah Indonesia meskipun sudah masuk pasca pergantian musim yang dimulai pada Maret namun tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan saat perubahan cuaca.


Biasanya pada bulan Maret perubahan cuaca akan terjadi yang disebabkan oleh pemanasan suhu air laut atau yang kita kenal dengan fenomena elnino .

Gejala perubahan cuaca dapat anda rasakan dengan suhu udara dan angin yang bertiup pada siang maupun malam hari, pada suhu tertentu akan berdampak juga pada kesehatan tubuh kita terlebih saat pergantian musim.

Baca Juga: Penting! 5 Manfaat Kesehatan Konsumsi Buah Semangka

Suhu tubuh akan menyesuaikan dengan pergantian musim tersebut namun sebaik kondisi tubuh harus tetap stabil agar dapat menyesuaikan pada pergantian musim.

Berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan saat pergantian musim.

Hujan memang fenomena alam yang terjadi namun air hujan bukanlah penyebab penyakit tapi kerana kondisi tubuh anda yang tidak stabil.

Baca Juga: Sederet Manfaat Kesehatan Buah Pepaya Muda, Biasa Jadi Lalapan Orang Indonesia

Sebaiknya pada musim penghujan selalu menjaga perut anda agar tidak kosong, biasakan selalu sarapan untuk penyesuaian suhu tubuh agar tidak rentan penyakit.

Banyak minum, terutama air hangat saat musim penghujan. Minuman penghangat tubuh sangat baik seperti jahe untuk memberikan stimulan terhadap kekebalan pada suhu.

Saat pergantian cuaca disarankan untuk mengatur pola makan anda, dan minum vitamin C serta buah buahan terlebih saat pancaroba atau musim panas.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan, Terutama Perempuan

Menjaga tidur anda agar tubuh anda tetap vit karena kurang tidur juga salah satu penyebab kondisi tubuh anda tidak stabil sehingga mudah sakit.

Berolahraga setiap pagi sedikitnya melakukan gerak badan ataupun joging untuk melakukan pemanasan untuk menjaga keseimbangan kondisi tubuh anda.

Minum susu sekurang-kurangnya satu gelas setiap hari dengan sebutir telur rebus sebagai asupan tubuh anda agar tetap stabil.

Baca Juga: Rincian 5 Manfaat Konsumsi Kulit Kentang Bagi Kesehatan

Pengaturan pola makan tergantung kebiasaan anda tapi tetap anda lakukan saat pergantian musim agar tetap sehat pada saat mengahadapi perubahan cuaca tersebut.

Demikian sedikit tip untuk menjaga kesehatan anda saat pergantian musim ini semoga bermanfaat.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x