17 Agustus Kenali Peringatan Hari Kemerdekaan dengan Tradisi Syukuran Sedekah Bumi di Tatar Sunda

- 22 Juli 2023, 23:09 WIB
Tradisi Sedekah bumi di Desa Sumber Wetan, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka/17 Agustus Kenali Peringatan Hari Kemerdekaan dengan Tradisi Syukuran Sedekah Bumi di Tatar Sunda
Tradisi Sedekah bumi di Desa Sumber Wetan, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka/17 Agustus Kenali Peringatan Hari Kemerdekaan dengan Tradisi Syukuran Sedekah Bumi di Tatar Sunda /Zonapriangan.com/Rachmat Iskandar ZP

HARIAN BOGOR RAYA - Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya merupakan momen bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia, dalam syukuran selain tumpengan ada pula tradisi sedekah bumi.

Pada hari yang istimewa ini, berbagai perayaan dan tradisi seperti sedekah bumi dilakukan terutama oleh masyarakat Jawa wilayah barat untuk syukuran mengenang dan merayakan kemerdekaan bangsa.

Salah satu tradisi yang diyakini berasal dari masa lalu dan masih dipraktikkan oleh sebagian masyarakat di Indonesia adalah "sedekah bumi" atau syukuran sidekah bumi.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Ceng Beng di Bangka Belitung, Tradisi Penghormatan Leluhur Yang Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat tentang tradisi Sedekah Bumi pada Hari Kemerdekaan.

Asal Usul Tradisi Sedekah Bumi

Sedekah Bumi adalah tradisi yang berasal dari kepercayaan dan budaya lokal di Indonesia. Konon, tradisi ini telah ada sejak jaman nenek moyang kita dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Tradisi Sedekah Bumi umumnya dilakukan di wilayah pedesaan dan agraris di Indonesia. Sedekah Bumi dipercaya sebagai ungkapan rasa syukur dan penghormatan kepada Tuhan atas hasil bumi yang diberikan dan untuk memohon berkah serta kesuburan tanah agar panen selalu melimpah.

Makna dan Filosofi Sedekah Bumi

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x