Hal-hal Penting Soal Minum Air Es Setiap Hari Hingga Dampaknya

- 6 September 2023, 14:38 WIB
Ilustrasi air es.
Ilustrasi air es. /Pixabay/ColiN00B/

HARIAN BOGOR RAYA - Air es adalah salah satu minuman yang sangat populer, terutama saat cuaca panas. Masyarakat kerap menginginkan dan mengonsumsi air es saat cuaca panas.

Kerap muncul pertanyaan dalam benak masyarakat, apakah aman minum air es setiap hari akan berdampak buruk pada kesehatan Anda?

Maka, Anda perlu perhatikan beberapa hal penting soal air es yang kerap Anda konsumsi. Termasuk mengetahui apa dampak dari minum air es:

Baca Juga: Menyegarkan atau Berisikokah Minum Air Es di Cuaca Panas

Suhu Air Es

Air es cenderung sangat dingin, dan minumnya dalam jumlah berlebihan dapat memengaruhi perut Anda. Minum air es terlalu cepat atau dalam jumlah besar dapat menyebabkan keram perut atau bahkan reaksi gastrointestial yang tidak nyaman.

Dampak pada Pencernaan

Minum air es sebelum atau selama makan mungkin memperlambat proses pencernaan karena tubuh perlu menghabiskan energi untuk memanaskan air dingin. Ini bisa memengaruhi penyerapan nutrisi dari makanan.

Efek pada Gigi dan Tenggorokan

Air es yang sering dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan sensitivitas gigi. Selain itu, bisa mengiritasi tenggorokan Anda, terutama jika Anda rentan terhadap radang tenggorokan.

Baca Juga: Kiat Para Wanita Muslim Agar Bisa Bergaya Dengan Apik Lewat Fesyen Meski Cuaca Panas

Dehidrasi

Terlepas dari kekhawatiran tentang suhu air es, minum cukup air penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika Anda hanya minum air es, Anda mungkin tidak mendapatkan cukup cairan karena tubuh perlu mengeluarkan energi ekstra untuk menyesuaikan suhu air dingin.

Halaman:

Editor: Maryam Purwoningrum


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x