Ini 5 Cara Agar Menjadi Siswa yang Disukai Guru

- 21 November 2023, 22:45 WIB
Ilustrasi guru/5 Cara Agar Menjadi Siswa yang Disukai Oleh Guru
Ilustrasi guru/5 Cara Agar Menjadi Siswa yang Disukai Oleh Guru /pexels.com/fauxels/

HARIAN BOGOR RAYA -  Ketika datang ke kelas, menjadi siswa yang tidak hanya sukses akademis tetapi juga memiliki hubungan yang baik dengan guru adalah kunci utama untuk meraih pengalaman belajar yang positif. Menjadi siswa yang disukai oleh guru tidak hanya memberikan manfaat interpersonal, tetapi juga dapat membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar Anda.

Berikut adalah lima cara yang dapat membantu Anda menjadi siswa yang disukai oleh guru:

1. Kenali Pribadi Guru
Hal penting yang harus dipahami adalah bagaimana anda bisa mengenali pribadi guru tersebut, karena dengan mengetahui pribadi beliau akan memberikan peluang untuk mengetahui tipe seperti apa siswa yang disukainya, apa-apa saja syarat menjadi siswa favoritnya. Dengan begitu tinggal usaha anda untuk memenuhi syarat-syarat tersebut.

Baca Juga: FILM Budi Pekerti Kapan Terakhir Tayang di Bioskop? Kisah Seorang Guru Menghadapi Cyber Bullying

2. Sopan
Sudah semestinya seorang siswa harus bersikap sopan kepada gurunya, mulai dari bagaiamana ia berperilaku maupun cara ia berbicara. Misalnya pada saat guru sedang berbicara, seorang siswa tidak sepatutnya untuk memotong pembicaraan guru atau ketika guru sedang berjalan usahakan untuk tidak mendahului guru dengan berjalan dibelakang beliau.

3. Aktif dalam Kelas
Salah satu kriteria agar disukai guru adalah dengan menjadi siswa aktif dalam kelas, baik pada saat menjawab pertanyaan maupun saat mengajukan pertanyaan. Ketika terbiasa aktif dalam kelas maka anda akan menjadi lebih diperhatikan guru dibanding dengan mereka yang hanya duduk menyimak dan biasanya siswa yang aktif dalam kelas akan lebih mudah dikenali oleh guru.

4. Menaati Aturan
Disiplin merupakan salah satu cara agar tidak dibenci guru dengan menaati setiap aturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah, misalnya datang tepat waktu agar tidak terlambat, berpakaian rapi dan sesuai dengan hari, tidak membuang sampah sembarangan, mengikuti apel pagi, mengerjakan tugas harian yaitu membersihkan kelas, dan mengikuti upacara. Usahakan untuk tidak melakukan hal-hal yang sama sekali tidak bermanfaat dan melanggar aturan dengan sengaja.

Baca Juga: Kemenag Selidiki Kasus Guru di MAN 1 Pamekasan yang Dimutasi Akibat Protes Kebijakan Toilet Berbayar

5. Rajin ke Sekolah
Setiap guru tentu akan menyukai siswa yang rajin datang kesekolah dibanding dengan mereka yang malas dan selalu membuat absen kotor. Rajin kesekolah merupakan bukti kesungguhan siswa dalam menuntut ilmu.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat membentuk hubungan positif dengan guru dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Ingatlah bahwa menjadi siswa yang disukai oleh guru tidak hanya memberikan manfaat pada aspek sosial, tetapi juga dapat memengaruhi hasil akademis dan pengembangan pribadi Anda secara keseluruhan.***

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x