5 Ciri-Ciri Cokelat Tak Layak Konsumsi, Nomor 3 Ini Rasanya Asam

- 8 Desember 2023, 22:03 WIB
Ilustrasi/5 Ciri-Ciri Cokelat Tak Layak Konsumsi, Nomor 3 Ini Rasanya Asam
Ilustrasi/5 Ciri-Ciri Cokelat Tak Layak Konsumsi, Nomor 3 Ini Rasanya Asam /Unsplash/ Joao Pedro Freita

HARIAN BOGOR RAYA - Cokelat merupakan camilan yang digemari banyak orang. Namun, tidak semua cokelat di pasaran memiliki kualitas yang baik. Beberapa produk cokelat mungkin mengandung bahan-bahan atau memiliki kondisi tertentu yang membuatnya tidak layak konsumsi.

Meskipun pada dasarnya, cokelat tidak memiliki tanggal kadaluarsa karena tidak mengandung air. Di mana, air merupakan bahan yang memungkinkan bakteri dapat berkembang. Terlebih, kandungan cocoa butter pada cokelat termasuk dalam bahan yang stabil.

Namun, penyimpanan cokelat yang terlalu lama juga bisa mengubah aroma, penampilan, dan rasa sehingga tidak lagi layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk dapat mengenali ciri-ciri cokelat yang tidak layak konsumsi.

Berikut adalah 5 ciri-ciri cokelat yang perlu diwaspadai:

Baca Juga: Khasiat Cokelat, Jangan Hanya Tahu Perbaiki Mood

1. Aroma yang Telah Berubah
Ciri yang pertama adalah aroma cokelat yang sudah berubah. Apabila Anda menemukan adanya aroma aneh yang bukan merupakan aroma khasnya, maka sebaiknya tidak lagi dikonsumsi. Pasalnya, cokelat adalah bahan pangan yang mudah menyerap aroma dan rasa yang ada di sekitarnya. Biasanya, aroma yang menandakan bahwa cokelat sudah tidak baik dikonsumsi adalah bau susu basi atau asam. Maka dari itu, segera singkirkan cokelat dengan ciri seperti ini.

2. Rasanya Terlalu Pahit
Untuk mengecek apakah cokelat Anda masih layak konsumsi atau tidak, sila cicipi sepotong terlebih dahulu. Sebaiknya tidak perlu diolah lagi jika ternyata rasanya terlalu pahit ataupun memiliki campuran rasa bawang atau bahan lainnya. Meskipun cokelat memiliki rasa yang pahit, tetapi tidak mengganggu. Justru pahitnya menambah cita rasa. Namun, pahit pada cokelat yang tidak layak konsumsi cukup mengganggu dan tidak lezat.

3. Rasa yang Asam
Cokelat yang masih layak konsumsi biasanya memiliki rasa manis dan lezat. Namun, jika kamu merasakan cokelat yang terlalu pahit atau asam, maka itu bisa menjadi tanda bahwa cokelat tersebut tak layak dikonsumsi. Rasa pahit atau asam pada cokelat bisa terjadi karena cokelat tersebut sudah kadaluwarsa atau terkontaminasi oleh bakteri.

4. Permukaan yang Lengket
Cokelat yang sudah tidak layak konsumsi biasanya memiliki permukaan yang lengket atau basah. Jika kamu melihat cokelat dengan permukaan yang lengket, itu bisa menjadi tanda bahwa cokelat tersebut tak layak dikonsumsi. Permukaan yang lengket bisa terjadi karena cokelat terlalu lama disimpan atau terkontaminasi oleh bahan kimia berbahaya.

Baca Juga: Kenali Risiko Konsumsi Makanan Digoreng, Bahkan Mengandung Minyak dan Lemak Berlebihan

Halaman:

Editor: Didin Harian Bogor Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x