Hati-hati ! Konsumsi Obat Jenis Ini Dapat Mengakibatkan Tulang Cepat Rapuh

- 11 Juni 2024, 20:56 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Ahli kesehatan ungkap risiko konsumsi obat-obatan jenis ini dapat mengakibatkan tulang menjadi cepat rapuh.

Jenis obat tersebut diantaranya obat steroid, obat penenang, dan obat kemoterapi hal ini diungkapkan dokter spesialis ortepedi konsultan dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional  dr. Cipto Mangunkusumo ( RSCM ) Kencana.

Baca Juga: Gejala Pengeroposan Tulang Tidak Terasa, Dokter Beri Saran Terbaik

Dalam diskusi kesehatan yang diikuti via daring di Jakarta, Selasa, dr. Ifran Saleh Sp.OT(K) dari RSCM Kencana mengemukakan bahwa obat steroid, obat penenang, dan obat kemoterapi bisa membuat tulang cepat rapuh apabila dikonsumsi dalam waktu lama.

"Steroid, obat yang dipakai kalau asma, orang-orang gangguan imun, atau lupus, atau sakit rematik karena peradangan artritis, juga orang-orang yang konsumsi obat penenang, kalau jangka panjang bisa bikin tulang rapuh, atau obat lain yang buat tulang rapuh obat kemoterapi kanker, tapi konsumsi itu kalau sudah bulanan," ujarnya dikutip Harian Bogor Raya dari Antara, Selasa 11 Juni 2024.

Lanjutnya ia juga memaparkan orang-orang yang mengkonsumsi obat-obatan tersebut perlu memeriksakan kondisi tulang dengan menggunakan alat Bone Mineral Densitometry ( BMD ) untuk mengetahui lebih lanjut kepadatan tulang mereka.

Baca Juga: Ketahui Kanker Tulang Osteosarcoma Pada Anak Mulai Usia Lima Tahun Hingga Remaja

"Kalau tulang bagus kategori osteopeni atau lunak saja kita berikan suplementasi, misal diberi kalsium 500 miligram sampai satu gram per hari, vitamin D3 antara 1.000-2.000 international units (IU) cukup itu saja untuk tulang," jelasnya.***

"Tapi, kalau keropos tulang atau rapuh ada obat tablet atau infus," tambahnya.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah