Minuman Ini Dapat Menetralisir Kadar Kolesterol Saat Momen Idul Adha

- 13 Juni 2024, 19:31 WIB
Ilustrasi Jus Tomat/Pixabay
Ilustrasi Jus Tomat/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA -Idul Adha yang identik dengan daging qurban merupakan momen untuk menikmati kuliner hewan qurban baik dikonsumsi dengan ragam olahan seperti sate maupun sop.

Namun yang menjadi hambatan adalah bagi mereka yang memiliki penyakit Kolesterol terlebih saat mengkonsumsi daging kambing.

Tak ada salahnya Anda juga bisa melakukan pencegahan saat usai mengkonsumsi daging kambing dengan cara menetralisir kadar kolesterol dengan minuman yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Sejumlah Manfaat Kesehatan Jika Anda Rutin Meminum Jus Bayam

Berikut minuman yang dapat menentralisir kadar kolesterol  yang dirangkum dari situs RRI diantaranya :

Jus Tomat
Tomat mengandung antioksidan likopen, yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat dari minum jus tomat tawar atau jus sayuran yang mengandung jus tomat.

Jus Delima 
Delima mengandung senyawa tanaman yang menyehatkan jantung seperti asam punat yang dapat membantu membersihkan penumpukan kolesterol dalam arteri. Minum jus delima 100% telah dikaitkan dengan penurunan kadar LDL dan kolesterol total. Carilah jus tanpa tambahan gula.

Jus ceri asam
Antosianin dalam jus ceri asam dapat menawarkan kemampuan menurunkan kolesterol dengan membantu meningkatkan kadar HDL baik. Satu studi menemukan bahwa minum jus ceri asam setiap hari dapat menurunkan kolesterol total dan trigliserida.

Teh Hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut katekin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum teh hijau yang diperkaya dengan katekin dapat menurunkan kadar LDL dan kolesterol total secara signifikan dibandingkan dengan plasebo. Konsumsilah 3-5 cangkir per hari.

Baca Juga: Sederet Manfaat 3 Buah Ini Wajib Tahu Jika Anda Meminum Jus Buah Tersebut

Minuman Berbasis Tanaman
Pilihlah alternatif susu nabati tanpa pemanis seperti susu kedelai, almond, atau oat. Karena secara alami bebas kolesterol. Susu kedelai adalah sumber protein yang baik yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, menurut beberapa penelitian. Hindari minuman berbahan dasar susu yang mengandung kolesterol.

Itulah beberapa minuman yang dapat membantu menetralisir kadar kolesterol.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah