Kenali Perbedaan Batuk dan Jenis Penyebabnya

- 27 Juni 2024, 09:13 WIB
Ilustrasi/Pexel
Ilustrasi/Pexel /


HARIAN BOGOR RAYA- Batuk adalah bagian penyakit umum yang diakibatkan beberapa faktor, kondisi batuk seseorang dapat dibedakan apakah batuk karena cuaca atau kerana penyakit dalam.

Kata doter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit St. Eisabeth di Bekasi dr.Patrioka Ismail, Sp.PD mengatakan batuk dapat dilihat berdasarkan sifat akutnya.

"Penyebab dan jenis batuk bisa berbeda-beda, tetapi yang patut diperhatikan adalah jika batuk sudah dialami lebih dari dua minggu termasuk batuk kronis, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter,” paparnya dikutip dari Antara, Kamis 27 Juni 2024.

Baca Juga: Beberapa Pengobatan Rumahan Bisa Bantu Kurangi Batuk, Bisa Anda Coba


Batuk adalah tindakan reflek dari saluran pernapasan yang digunakan untuk membersihkan saluran napas atas, yang dapat terja akibat kualitas udara yang buruk, atau hal lainnya seperti alergi atau asap rokok, paparnya menjeskan tentang batuk.

Lanjutnya ia juga menjeskan kondisi dan sifat batuk berdasarkan akut dapat berkangsung hanya beberapa hari hingga dua minggu, kondisi ini paling umum dialami dan dibagi menjadi jenis batuk produktif atau berdahak, dan batuk kering atau batuk non produktif.

Kedua batuk ini diakibatkan oleh gejala awal flu atau iritasi saluran napas akibat polusi udara atau alergi oleh zat asap seperti rokok, kedua tipe batuk ini dapat sembuh dengan obat batuk yang dapat dijual bebas.

Namun patut diwaspadai jika terjadi batuk pada malam hari, hal ini bisa diakibatkan oleh asam lambung yang naik ke saluran pernapsan.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Hal Penting Soal Batuk

Selanjutnya kata dokter tersebut mengatakan ada juga batuk kebiasaan atau jenis batuk psikogenik yang bukan diakibatkan oleh penyakit tapi lantaran oleh psikologos seperti kecemasan dan rasa panik atau psikologis lainnya.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah