Kuliner Yang Wajib Anda Tahu Pada Perayaan Waisak

- 23 Mei 2024, 15:24 WIB
Makanan khas Waisak/Tangkap Layar YouTube
Makanan khas Waisak/Tangkap Layar YouTube /


HARIAN BOGOR RAYA - Tidak bedanya hari Raya Waisak dengan hari Raya Idul Fitri dengan makanan khas dan selalu ada pada saat hari raya, sisi lain yaitu kuliner dengan ciri khas dan ini adalah salah satu kearifan lokal yang perlu Anda ketahui.

Masyarakat di beberapa daerah kerap menyuguhkan makanan khas saat perayaan Waisak, namun sebagian orang belum mengatehui apa saja makanan khas saat Waisak.

Berikut makanan yang sering sajikan umat Budha saat momen perayaan Waisak, dikutip dari RRI diantaranya :

Baca Juga: Kuliner Nasi Uduk Kaum 58 di Bogor Warisan Kuliner Legendaris Wajib Anda Kunjungi

-Mangut Beong
Di sebelah barat Candi Borobudur, terdapat salah satu warung yang menyajikan hidangan Mangut Beong. Sama dengan Nasi Lesah, sajian satu ini juga jadi kuliner andalan saat Waisak dan khas di Kota Magelang. 
Hidangan ini berlauk ikan yang dimasak, dan dicampur dengan bumbu rempah pedas. Setelahnya, dimakan bersamaan nasi hangat supaya makin sedap.

-Kue Burgo
Walaupun dinamakan kue, tetapi sejatinya makanan ini lebih mirip otak-otak gulung. Seporsi kue burgo biasanya disajikan bersama telur rebus, kuah santan, dan taburan bawang goreng.

-Nasi Gemuk
Di Jambi, dalam rangka menyambut hari suci Waisak, para penganut agama Buddha kerap menghidangkan Nasi Gemuk. Ragam lauk yang mengelilingi sepiring nasi, selalu jadi keistimewaan tersendiri dalam hidangan ini.
Biasanya, Nasi Gemuk diolah dari beras putih yang diberi santan, daun pandan, daun jeruk, serta daun salam. Sehingga aroma wangi muncul pada nasinya.

-Tempoyak
Tempoyak jadi makanan yang paling sering disajikan saat Waisak, makanan ini tampak seperti pepes ikan. Namun, sejatinya Tempoyak adalah sambal hasil fermentasi buah durian. 
Buah durian dipilih dan difermentasi terlebih dahulu. Setelah matang, baru kemudian dicampur serta diguyur oleh kuah pedas, berbahan dasar cabai, juga tomat segar. 

Baca Juga: Event Kuliner Sedap Mengangkat Tema Nasi Goreng

-Nasi Lesah
Jika merayakan Waisak di kota Magelang, maka sepulang dari sembahyang Anda akan mencicipi Nasi Lesah. Kuliner legendaris itu sudah sangat dikenal, lantaran identik dengan tampilan nasi yang direndam kuah soto kental. 

Nah itulah sederet kuliner pada perayaan hari Raya Waisak sebuah kearifan lokal yang perlu kita lestarikan.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah