Ternyata Biji Pepaya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

- 12 Juni 2024, 04:39 WIB
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay /


HARIAN BOGOR RAYA - Siapa sangka biji pepaya yang dianggap remeh dan selalu menjadi sampah ternyata biji pepaya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan biji peoaya yang mengandung vitamin C, Vitamin A, zat besi, zinc,fisfit dan magnesium seperti dilansir dari beberapa sumber biji pepaya kaya akan kandungan vitamin.

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi biji pepaya yang kutip dari PMJ diantaranya :

Baca Juga: Deretan Manfaat Konsumsi Pepaya Muda untuk Kesehatan Tubuh Anda

Menyehatkan Ginjal
Tingginya antioksidan dalam biji pepaya bisa mencegah potensi kerusakan pada organ dan sel-sel tubuh, salah satunya ginjal. Kaliumnya yang tinggi juga membuat biji pepaya mampu menjaga kestabilan tekanan darah, yang kemudian berpengaruh pada kesehatan ginjal.

Mencegah Kanker
Pertumbuhan sel kanker sangat berbahaya karena dapat merusak merusak sel-sel di sekitarnya. Namun, ternyata hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi biji pepaya. Kandungan isothiocyanate di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Menurunkan Kolesterol
Biji pepaya juga terbukti bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini didukung oleh kandungan asam oleat (asam lemak tak jenuh tunggal) yang ada di dalamnya.

Melancarkan Pencernaan
Biji pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, perut kembung, dan sejenisnya. Tak hanya itu, di dalam biji pepaya juga terkandung enzim proteolitik yang dapat membunuh bakteri jahat di usus.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Dalam biji pepaya, terkandung vitamin C yang berperan penting dalam menunjang kesehatan. Salah satunya, berfungsi sebagai antioksidan untuk memperkuat imun tubuh, sehingga bisa terhindar dari risiko infeksi parasit seperti jamur, bakteri, dan virus.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Daun Pepaya Jepang yang Tersembunyi, Bagus untuk Kulit

Nah itulah sederet manfaat biji pepaya untuk Kesehatan jika mengkonsumsi, dalam sumber tidak disebutkan  cara penggunaan, biasanya untuk bahan herbal direbus ataupun dikeringkan.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah