Ini Kata Psikiater Gejala Stres Akibat Tekanan Kerja

- 24 Februari 2024, 17:47 WIB
Ilustrasi/Pixbay
Ilustrasi/Pixbay /


HARIAN BOGOR RAYA- Tak dapat dipungkiri rutinitas kerja yang padat serta tekanan yang tinggi akan berdampak pada kesehatan mental seseorang.

Gejala gangguan mental dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain tuntutan pekerjaan yang tinggi, budaya organisasi yang tidak kondusif, budaya perundungan, hingga pelecehan menyebabkan seseorang merasa tertekan dan mengalami stres. Tidak hanya itu, jam kerja yang terlalu panjang juga menyebabkan seseorang mengalami kelelahan dan berakibat pada kesehatan mental, seperti dikutip dari Antara. 

Baca Juga: Tips Artis Nana Mirdad Jaga Kondisi Pikiran dan Mental Hingga Stress Management

Menurut dokter spesialis kedokteran jiwa dari Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan, Jakarta, dr Zulvia Oktanida Syarif, Sp.KJ mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai masalah kesehatan mental di tempat kerja.

"Mungkin seseorang tidak ada diagnosis gangguan mental, tapi, sebenarnya sedang tidak sehat secara mental. Ada yang seperti itu, jadi harus diwaspadai," kata Zulvia dalam webinar "Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja" dikutip Harian Bogor Raya dari Antara, Sabtu 24 Februari 2024.

Baca Juga: Penting! Ambang Batas Tekanan Darah Hipertensi di Rumah dan Tekanan Darah di Rumah Sakit

Untuk menghindari gejala gangguan mental Zulvia menyarankan  untuk melakukan sedikit hal yang berbeda di lingkungan kerja agar seseorang merasa nyaman, jika memang masih kurang efektif pekerja disarankan untuk ambil cuti untuk mengembalikannya pikiran dan kembali fresh.***

Editor: UG Dani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x